Transmisi Jeep Gladiator Problematis? Bakalan Kena Recall

5 September 2022 | 12:54 pm | Aldi Prihaditama

Transmisi Jeep Gladiator rawan ‘nyelonong’ meski sudah di posisi P.

Berkaitan dengan adanya laporan keluhan konsumen terkait dengan malfungsi transmisi pada Jeep Gladiator lansiran tahun 2022 saat posisi terparkir atau di posisi P, pihak pabrikan pada Juli 2022 lalu segera melakukan investigasi terhadap Jeep Gladiator. Berdasarkan laporan merupakan hasil produksi dari pabrik perakitan di Toledo, Amerika Serikat (AS). Berdasarkan laporan yang diperoleh oleh badan keselamatan transportasi dan jalan tol AS, NHTSA, tercatat sekitar 11 unit Jeep Gladiator yang melaporkan keluhan malfungsi transmisi tersebut.

Transmisi automatic 8HP75 yang terdapat pada mobil tersebut diduga berpotensi mengalami malfungsi akibat pemasangan roda gigi transmisi pada posisi P (Park/Parkir) yang kurang presisi. Hal ini dapat menyebabkan mobil berpotensi ‘nyelonong’ saat diparkir, walau tuas transmisi berada pada posisi P. Ngeri-ngeri sedap juga nih kalau parkir di jalanan tidak rata dan tidak mengoperasikan rem parkir… 

Transmisi otomatis 8-speed 8HP75 pada Jeep Gladiator produksi tahun 2022 yang bermasalah tersebut merupakan buatan pabrikan asal Jerman, ZF Friedrichshafen. Sebagai langkah preventif, pihak pabrikan akan terus melakukan investigasi lebih mendalam. Sedangkan pemberitahuan resmi kepada pemilik kendaraan yang bermasalah tersebut akan dilakukan pada 14 Oktober 2022 mendatang.

Transmisi 8HP75  pernah recall pada beberapa tahun silam

Kami sempat menelusuri ‘sosok’ transmisi 8HP75 tersebut dan sebenarnya telah ada dua kali kasus recall. Yang pertama melanda sekitar 125 unit truk pickup Ram 1500 bermesin Hemi 5.7 liter, dengan gejala yang seupa dengan apa dialami oleh Jeep Gladiator di tahun 2022 ini. Lalu ada langkah recall kembali pada bulan April 2016 yang melibatkan 811.290 unit kendaraan. Meliputi Chrysler 300, Dodge Charger, dan Jeep Grand Cherokee.

Baca juga :  Ulang Tahun, Wuling Indonesia Tebar Promo

Bengkel resmi dari jaringan dealer Jeep akan melakukan perbaikan transmisi dari Jeep Gladiator yang bermasalah dan mengganti satu set transmisi 8HP75 secara keseluruhan dengan yang baru. Ya, 1 set transmisi baru dan tanpa dipungut biaya sepeserpun alias gratis! Jeep Gladiator memang ada yang ‘bermukim’ di Indonesia. Jika Anda memiliki salah satunya, jangan ragu untuk segera memeriksa mobil kesayangan Anda tersebut ke bengkel resmi. Sehingga terhindar dari risiko benturan atau tabrakan saat parkir.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x