BYD Song L, Calon Penjegal Tesla Model Y

26 April 2023 | 3:00 pm | Rizky Dermawan

Salah satu pemain utama di gelanggang mobil listrik daratan China adalah BYD. Merek ini tak hanya menguasai teknologi baterai, tapi juga rancang bangun mobil listrik. Salah satu produk terbaru yang dipamerkan di event Auto Shanghai 2023 berhasil menyedot perhatian ribuan mata para pengunjung. Inilah BYD Song L.

Song L bakal segera dipasarkan di penghujung tahun ini. Mobil yang oleh BYD dikategorikan sebagai “B-Class Pure Electric SUV” ini diberi nama yang dicuplik dari Dinasti Song, penguasa China bagian Timur pada periode tahun 960 – 1279 masehi.

Tak tanggung-tanggung, BYD memproyeksikan Song L sebagai calon penjegal  generasi terbaru dari Tesla Model Y. Apa yang menjadi daya pikat dari BYD Song L hingga membuat para pengunjung terhenyak melihatnya?

Crossover RRC Dengan Gaya Eropa

Dari bagian depan hingga kabin tengahnya kental dengan Kia EV6, mobil asal Korea Selatan yang sangat bergaya Jerman. Sementara berlanjut ke bagian belakang sedikit mirip dengan Porsche Cayenne Coupe yang memang asli Jerman.

Sebagai penanda bahwa ini adalah mobil listrik, pada grille terdapat lampu iluminasi. Headlamp LED mobil ini mencuplik desain dari BYD Han. Bumper depan yang berlekuk sexy dilengkapi dengan ventilasi udara berukuran besar ala mobil sport.

Bagian pinggul yang berlekuk hingga ke belakang pun tak kalah sexy dari tampilan depannya. Spion mobil ini terlihat minimalis karena telah memanfaatkan kamera.

Baca juga :  Belum Ada Harga, Hyundai Kona Electric Terpesan Hampir 500 Unit

Pada bagian atas kaca belakang tersemat spoiler aktif yang akan terangkat saat mobil melaju pada kecepatan tinggi. Wow…tak ubahnya sayap spoiler pada mobil sport coupe dan supercar modern.

Bumper belakangnya pun sangat bergaya supercar dengan sirip diffuser pembias angin berukuran besar bertekstur serat karbon.

Speknya Masih Rahasia

BYD Song L yang dipamerkan nampaknya sebagai trik ‘cek ombak’. Pihak BYD masih merahasiakan detail spek yang nantinya dibekalkan. Alasannya karena mobil ini belum resmi diproduksi dan dipasarkan.

Dikabarkan platform rancang bangun yang digunakan BYD pada Song L adalah e-platform 3.0. Platform khusus mobil listrik yang juga digunakan pada berbagai model dari sejumlah merek di RRC.

Dari segi teknis, konstruksi e-platform 3.0 dapat menggunakan motor listrik tunggal maupun ganda. Sementara untuk sumber daya listriknya kemungkinan besar bakal mengusung baterai Blade 800V dari BYD. Tinggal kita tunggu dan lihat saja nantinya motor listrik versi apa yang akan dibekalkan oleh BYD.

Demikian pula dengan teknologi infotaintment digital serta sistem bantu dan keselamatan berkendara yang nantinya dibekalkan pada Song L. Tak akan jauh berbeda dari model mobil listrik BYD kelas menengah atas yang saat ini dipasarkan. Atau mungkin justru bakal lebih mutakhir.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x