Hyundai Ioniq 5 N Spek Korea Selatan Bisa Ngedrift Lebih Leluasa

8 October 2024 | 7:00 am | Rizky Dermawan

Sukses besar di pasar global bukan berarti mengesampingkan pasar dalam negeri. Mobil listrik high performance Hyundai Ioniq 5 N model tahun 2025 pun diluncurkan di Korea Selatan. Cukup banyak update dan upgrade yang dilakukan.

Update Fitur

Dari tampilan eksterior maupun interior masih belum perlu perubahan. Spek sistem penggerak pun tak berubah. Masih dengan motor elektrik ganda berpenggerak AWD (all-wheel drive).

Output daya yang dihasilkan mencapai 478 kW (641 hp) dengan torsi puncak 770 Nm. Performa maksimum bisa dicapai saat fungsi N Grin Boost yang mirip fungsi turbo boost diaktifkan.

Baterai yang dibekalkan pada Ioniq 5 N pun besaran dayanya sama dengan Ioniq 5 facelift yakni 84 kWh.

Hanya saja para engineer R&D Hyundai mengupgrade software dan sejumlah fitur standar berbasis teknologi pada Ioniq 5 N.

Untuk model tahun 2025, fitur baru yang ada pada Ioniq 5 N ditambah. Mulai dari intelligent headlamps, fungsi V2L pada kabin, dan revisi pada kaca pilar B.

Peringatan getar pada setir diimbuhkan untuk mengingatkan pengemudi jika terindikasi mengantuk.

Fungsi walk-away lock yakni pintu otomatis mengunci saat pengemudi menjauh dalam jarak beberapa meter dari mobil juga diimbuhkan. Cukup banyak pengemudi yang lupa mengunci pintu saat keluar dari mobil dan langsung ‘ngeloyor’ pergi.

Upgrade pertama yakni pada fitur “N Drift Optimizer” yang digandrungi para pecinta Ioniq 5 N. Kini ada 10 level drift assistance yang dapat dipilih dengan setelan yang berbeda. Setting disesuaikan dengan gaya ngedrift yang diinginkan.

Baca juga :  Wuling Perkenalkan Air ev Lite Versi Long Range

Level teratas yakni Pro meminimalkan campur tangan sistem kendali elektronik Vehicle Dynamic Control (VDC). Output torsi dan tenaga bisa langsung dirasakan di setir, sehingga pengemudi dapat ngedirft lebih bebas. Hanya saja untuk level ini sebaiknya dilakukan di sirkuit balap atau trek khusus drfiting.

Update Sistem Transmisi

Transmisi N-shift yang dibekalkan pada mobil listrik Ioniq 5 N terbaru ini tak luput dari perhatian para engineer Hyundai.

Fitur pemindah gigi cepat “N e-Shift” yang semula hanya ada pada mode Normal, N dan Sport, kini juga bisa digunakan pada mode Eco. Bahkan terdapat pula fungsi memory “downshift” dan “downhill assist” yang mirip seperti fungsi engine brake pada mobil bermotor bakar.

Yang tak terlalu diperhatikan adalah suara penanda fitur “N Launch Control” sedang ON yang akan terus berbunyi. Bahkan suara tetap bunyi meskipun setting “N Active Sound +” dalam posisi OFF. Hal yang satu ini sudah dibenahi.

Di Korea Selatan Hyundai Ioniq 5 N model tahun 2025 dipasarkan dengan harga mulai dari 77 juta Won Korea Selatan atau sekira Rp 890 jutaan.

 

5 2 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x