Hyundai Ioniq 5 XRT, Versi Off Roader Ringan Mobil Listrik Sukses

5 September 2024 | 8:07 am | Indra Alfarisy

Hyundai mengumumkan facelift Ioniq 5 di pasar Amerika Serikat. Tapi yang menarik ada versi macho mobil listriknya. Inilah Hyundai Ioniq 5 XRT dengan postur lebih tinggi dan bisa dibawa ke medan yang ‘agak’ berat.

Ioniq 5 XRT untuk saat ini hanya tersedia untuk pasar Amerika Serikat. Ini karena, mobil tersebut dibuat oleh pabrik mereka di kawasan tersebut. Untuk pasar lain seperti Indonesia, belum tentu kebagian karena biasanya, berkiblat ke Hyundai Korea Selatan.

Tapi bagaimanapun, Ioniq 5 XRT ini cukup menarik karena jajaran variannya jadi makin kompllit. Mobil keluarga ada, versi kencang diwakili oleh Ioniq 5 N, dan untuk medan non aspal ada XRT.

Bentuknya mengakomodir untuk bergerak di medan kasar. Menurut Hyundai US, approach angle 19 derajat sedangkan departure angle hingga 30 derajat. Cukup untuk melewati gundukan yang tiddak terlalu ekstrim.

Secara visual, Ioniq 5 XRT dibedakan melalui bemper dan spion berwarna gelap, roof rail dan tambahan dua warna baru yang disebut Cosmic Blue Pearl dan Ultimate Red.

Lebih Tinggi

Hyundai Ioniq 5 XRT untuk medan off road

Untuk mendukung kemampuan bergerak di medan non-aspal, suspensinya ditinggikan sebanyak 23 mm dan dibekali ban all terrain dan pelek 18 inci sebagai bawaan standar.

Interiornya mengikuti perubahan yang dilakukan untuk Ioniq 5 facelift. Terlihat kehadiran tombol-tombol fisik di dashboard. Juga diberikan trim gelap dengan logo XRT bertebaran di berbagai tempat.

Baca juga :  Lucid Air Sapphire, Mobil Anti Peluru Terkencang Di Dunia

Mobil ini dibekali dua motor listrik yang tidak disebutkan berapa tenaganya. Sebagai referensi, Ioniq 5 long range yang ada di Indonesia, tenaganya 214 hp. versi XRT ini dipastikan lebih besar outputnya.

Baterai berkapasitas 84 kWh untuk versi Long Range. Yang standar 63 kWh. Berbeda dengan versi biasa yang berkapasitas 72,6 kWh untuk versi jarak jauh, dan 58 kWh untuk yang biasa.

Ioniq 5 XRT 2025

Yang menarik, untuk pasar Amerika, Hyundai membekali mobil ini dengan charger NACS, seperti yang digunakan oleh Tesla. Jadi pemiliknya bisa memancaaftkan fasilitas Tesla Supercharger yang bertebaran di negara itu. Tentunya, tetap bisa juga menerima plug CCS yang biasa dipakai di berbagai belahan dunia, dengan tambahan adaptor.

Harga versi XRT maupun Ioniq 5 terbaru lainnya belum diumumkan, tapi dipastikan dijual mulai musim gugur tahun ini. 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x