Lucid Air Sapphire, Mobil Anti Peluru Terkencang Di Dunia

5 September 2024 | 6:36 am | Rizky Dermawan

Sedan mewah maupun SUV kebal peluru kerap digunakan para VIP dan VVIP yang butuh proteksi ekstra. Mobil listrik apakah juga bisa dilapisi proteksi balistik agar kebal terjangan peluru? Tentu saja, salah satunya adalah Lucid Air Sapphire kebal peluru hasil garapan U.S. Armor Groups. Perusahaan asal California, AS ini adalah spesialis modifikasi proteksi balistik pada kendaraan.

Lapisan proteksi balistik transparan level B4 pada kaca kabin tahan terhadap terjangan peluru kaliber .44 Magnum. Plat bodi dan sasis pun dilapisi material komposit tahan peluru yang bobotnya lima kali lebih ringan namun 10 kali lebih kuat dari material proteksi balistik yang biasa digunakan.

Ternyata bobot mobil hanya bertambah 174 kg atau setara dua penumpang dewasa. Tak terlampau signifikan dibandingkan bobot standar mobil ini yang sekira 2.400 kg.

Tembus 300 KM/Jam

Pemilihan mobil listrik Lucid Air Sapphire bukan tanpa alasan. Selain interiornya mewah, performanya cukup mumpuni.

Tiga motor elektrik penggerak all-wheel drive (AWD) yang dibekalkan menghasilkan output total 920 kW atau setara 1.234 hp.

Pada versi standard tanpa lapisan proteksi balistik, akselerasi 0-100 km/jam dicapai dalam waktu 1,89 detik. Top speednya mampu mencapai angka 330 km/jam.

Bisa melesat cepat dan mengelak dari sergapan serta terjangan peluru. Dengan bobot yang sedikit lebih berat, mobil listrik kebal peluru ini tetap masih bisa tembus 322 km/jam. Jarak jelajahnya pun dikatakan mampu mencapai 687 km.

Baca juga :  Haka Auto Meresmikan Tiga Dealer di Wilayah Indonesia Timur

Label harga sebuah Lucid Air Sapphire varian termahal harganya $250.575 atau setara Rp 3,8 milyaran. Sedangkan versi kebal peluru garapan U.S. Armor Groups ini harganya mulai dari $475.000 atau sekitar Rp 7,3 milyaran. Itu baru spek termurah.

Untuk fitur dan kelengkapan, daftarnya bisa disesuaikan dengan permintaan konsumen. Bahkan proteksi balistik bisa ditingkatkan levelnya agar tahan terhadap ledakan bom maupun ranjau. Semua bisa diatur…

 

5 2 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x