Penampilan Kia EV5 Bocor, Punya Motor Listrik 160 kW

18 August 2023 | 7:00 am | Indra Alfarisy

Kalau di GIIAS 2023 Kia memperkenalkan EV9, di belahan dunia lain, tepatnya di Cina, muncul bocoran soal Kia EV5. Ini adalah SUV yang lebih kecil dan akan berhadapan langsung dengan EV macam Toyota bZ4X atau Nissan Ariya.

Dikutip dari Carnewschina, Kia EV5 di negara itu akan menggunakan baterai buatan BYD dengan motor listrik berkekuatan 160 kW dan torsi 310 Nm. Bocoran ini didapat dari Kementrian Industri dan Teknologi Komunikasi setempat. Memang, setiap mobil baru yang akan meluncur harus melalui uji coba di lembaga ini untuk mendapatkan sertifikasi layak jalan.

Diketahui juga, dengan menggunakan platform e-GMP, ukuran panjang Kia EV5 mencapai 4.615 mm. Jelas lebih pendek dari EV9 yang melewati lima meter. Lebar dikatakan 1.875 dan tingginya 1.715 mm. Jarak sumbu roda mencapai 2.750 mm. Cukup menjanjikan ruang kaki yang lega, meski belum ketahuan berapa baris kursi yang disediakan. Selain itu, bobot EV5 menyentuh angka 1.870 kg.

Kia EV5

Sementara secara desain, ada keseragaman di jajaran SUV listrik pabrikan Korea Selatan ini. Depannya terlihat kaku kalau dilihat dari samping. Namun sebetulnya bentuk moncongnya agak melingkar jika diperhatikan dari depan. Ini untuk kepentingan aerodinamika.

Bentuk lampu depannya mirip dengan versi konsep yang muncul di bulan Maret lalu. Sedangkan bagian grill dan bemper disesuaikan sedikit untuk versi produksi, untuk mengakomodir dudukan plat nomor. Bagian belakang, secara desain juga mirip dengan mobil konsep, namun lampunya terlihat lebih dinamis. 

Baca juga :  GAC Aion Hyper SSR Bakal Menginvasi Pasar Hypercar Eropa?

Kia EV5 akan diluncurkan 25 Agustus 2023 pada acara Chengdu Motor Show. Mobil ini akan dibuat di fasilitas perakitan patungan Kia-Yueda di kota Yancheng, China. Nantinya selain melayani pasar domestik, juga ditujukan untuk ekspor.

Sumber: Carnewschina

5 2 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x