SMOTO TC dan TC Max Ramaikan Pasar Motor Listrik Indonesia

7 October 2022 | 6:16 pm | Indra Alfarisy

Smoto, merek motor listrik baru siap hadirkan TC dan TC Max EV rakitan lokal. 

Kendaraan listrik makin menjamur. PT SMOTO Elektrik Indonesia, selaku agen pemegang merek dan manufaktur, memperkenalkan sepasang sepeda motor listrik premium lifestyle pertamanya di Indonesia. Namanya SMOTO TC dan SMOTO TC-MAX. Kedua motor listrik ini menggabungkan gaya retro dengan teknologi yang diklaim inovatif. Hmm, mulai menarik. 

SMOTO TC dan TC-MAX dirakit lokal di pabrik mereka di kawasan Tangerang, Banten. Lalu, apa saja kelebihan motor-motor ini? Yang jelas antara TC dan TC-MAX dibekali dinamo penggerak yang berbeda.

SMOTO TC mengandalkan dinamo motor bikinan BOSCH. Pembuatnya mengklaim TC memiliki jarak tempuh (dengan baterai terisi penuh) 80 km. Besaran tenaga mencapai 3.000 Watt dengan torsi 150 Nm. Kecepatan puncaknya adalah 80 km/j. Untuk mengisi daya baterai perlu waktu lima jam dengan arus AC. Kalau menggunakan DC, hanya perlu 30 menit.

Beda dengan SMOTO TC-MAX. Dinamonya bersifat high performance yang dibuat oleh VMOTO dengan kekuatan 5 kW. Torsi puncak menyentuh 180 Nm dengan kecepatan maksimum yang dapat dicapai adalah 95 km/jam. Pengisian baterai? Perlu tujuh jam menggunakan AC. Dengan fast charging waktu isi daya juga hanya perlu 30 menit.

SMOTO Elektrik Indonesia memasarkan tipe TC dengan harga Rp 68 juta (OTR DKI Jakarta). Ini sudah termasuk garansi dinamo motor tiga tahun dan dua tahun untuk garansi baterai. Pilihan warnanya ada tiga yaitu Vintage Green, Khaki Yellow, Diamond Black dan Dark Sea Blue.

Baca juga :  Harga BYD Dolphin, Seal Dan Atto3 Resmi Diumumkan

Untuk SMOTO TC-Max, harganya lebih mahal yaitu Rp 98 juta untuk harga OTR Jakarta. Juga dilengkapi dengan tiga tahun garansi dinamo motor dan dua tahun garansi baterai. Pilihan warnanya untuk saat ini hanya satu yaitu hitam (Diamond Black).

Siapa Itu Smoto Elektrik Indonesia?

Nama ini memang baru, namun sepertinya punya sumber daya yang cukup meyakinkan. SMOTO berkomitmen untuk mewujudkan kemudahaan untuk pengguna kendaraan listrik. Dimulai dari pengembangan layanan purna jual dan peningkatan komponen lokal atau TKDN yang jadi perhatian utama SMOTO dalam mengembangkan produknya.

Mereka juga mengklaim berkomitmen untuk pengembangan teknologi baterai “Fast Charging” dengan kapasitas yang besar, akan membuat waktu charge yang lebih singkat, dan juga jarak perjalanan yang lebih jauh. Kapan akan tersedia? Sabar dulu, dalam beberapa tahun ke depan. Semoga saja mereka bisa mewujudkannya. 

Prinsipal mitra SMOTO adalah Vmoto Limited, perusahaan internasional yang berbasis di Australia yang memiliki fasilitas produksi di Cina dengan jaringan distribusi nya ke negara-negara Eropa, Asia Pasifik dan Amerika.

Vmoto Limited sendiri adalah grup manufaktur dan distribusi motor skuter global. Perusahaan ini mengkhususkan diri dalam membuat kendaraan roda dua bertenaga listrik berkualitas tinggi. Mereka memiliki fasilitas perakitan seluas 30.000 meter persegi di Nanjing, Cina. Vmoto menggabungkan kemampuan manufaktur berbiaya kompetitif dengan desain Eropa dan menawarkan kinerja tinggi dan produk yang kompetitif ke pasar internasional.

Baca juga :  Gesits Garuda, Kolaborasi Antik Pembuat Motor Dan Timnas Sepak Bola

 

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x