Toyota All New Vios dan Mazda 2 Sedan Saling Adu Keunggulan

17 October 2022 | 8:59 pm | Aldi Prihaditama

Toyota All New Vios dan Mazda 2 Sedan berada di segmen yang sama serta saling memiliki keunggulan.

PT Toyota Astra Motor (TAM) belum lama memboyong generasi terbaru dari Toyota All New Vios di pasar Tanah Air. Dengan menyasar segmen sedan kompak, mobil rakitan Thailand ini akan menjadi rival tangguh bagi beberapa merk otomotif lain di Indonesia. Salah satu lawan yang berada di dalam segmennya ialah Mazda 2 Sedan. Keduanya menggunakan mesin 1.5 liter dan juga memiliki banderol yang berada di angka Rp 300 jutaan. Mari lihat spesifikasi keduanya, supaya Anda dapat memahami keunggulan dari kedua mobil yang sama-sama diluncurkan di tahun 2022 tersebut.

Kedua mobil ini memiliki data spesifikasi yang saling tidak berbeda jauh. Dimensi juga memiliki ukuran yang berdekatan, jika Toyota All New Vios punya ukuran panjang 4.410 mm, lebar 1.740 mm dan tinggi 1.480 mm. Dengan jarak sumbu roda (wheelbase) hingga 2.620 mm. Maka Mazda 2 Sedan memiliki panjang 4.340 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.479 mm dengan jarak sumbu roda 2.570 mm. 

Secara fisik, All New Vios punya tampilan lebih modern dan sporty. Hal tersebut dihadirkan melalui grille berbentuk trapezoidal yang mendominasi bagian fascia depan. Bentuknya pun senada dengan bentuk lampu depan L-shape LED dan air dam di sudut bumper. All New Vios kini velg berukuran 17 inci agar mengimbangi desain yang lebih futuristik ini.

Baca juga :  Toyota Sebar Jaringan Charging Spot di Banyak Titik Strategis

Sedangkan Mazda 2 Sedan tampil dengan desain yang elegan dan lebih ‘kalem’ dengan grille berbahasa desain Kodo. Lampu depan menggunakan LED projector dengan auto on/off dan dikombinasikan dengan DRL. Kelengkapan tersebut membuat fisik Mazda 2 Sedan lebih dewasa. Apalagi Mazda membekali 2 Sedan ini dengan velg yang berukuran lebih moderat, yaitu 16 inci.

Pada sisi interior, Toyota All New Vios memiliki head unit layar sentuh 9 inci pada bagian tengah dasbor, agar akses pada sistem hiburan kendaraan menjadi mudah. Pada Mazda 2 Sedan, menggunakan head unit layar sentuh dengan ukuran 7 inci. Baik Toyota All New Vios maupun Mazda 2 Sedan, head unit tersebut dapat terintegrasi dengan Apple CarPlay dan Android.

Masuk ke urusan jantung mekanis, Toyota All New Vios mengusung mesin 2NR-VE 1.496 cc 4 silinder, bertenaga tenaga 105 hp pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada 4.200 rpm. Penyaluran output tersebut didistribusikan menuju roda depan melalui pilihan transmisi manual 5-speed (tipe E) atau Super CVT-I (tipe G CVT dan G CVT TSS).

Untuk Mazda 2 Sedan, memakai mesin Skyactive G 1.496 cc 4 silinder dengan tenaga maksimal 109 hp pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 144 Nm pada 4.000 rpm. Performa yang dihasilkan oleh mesin tersebut disampaikan menuju roda depan dengan dukungan dari transmisi otomatis 6-speed.

Sarat fitur keselamatan berkendara

Terkait fitur keselamatan, khusus pada All New Vios tipe G CVT TSS anyar sudah dilengkapi teknologi yang cukup mumpuni, yaitu Toyota Safety Sense (TSS) yang terdiri dari Pre-Collision Warning and Braking Assist (PCWBA), Pedal Missoperation Control (PMC), Lane Departure Warning (LDW), Lane Departure Prevention (LDP), Auto High Beam, Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Adaptive Cruise Control (ACC) hingga Front Departure Alert (FDA).

Baca juga :  Kapan Lagi Bisa Ketemu AE86 Punya Keichii Tsuchiya

Lebih lanjut, Mazda 2 Sedan dilengkapi dengan ABS, EBD, BA, Dynamic Stability Control (DSC), Traction Control System (TCS), Blind Spot Monitoring (BSM) dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA). Sedangkan teknologi sistem airbag pada mobil ini diklaim mampu memberikan keselamatan optimal jika terjadi benturan frontal.

Harga di rentang Rp 300 jutaan

Sebagai pamungkasnya tentu urusan harga. Toyota All New Vios dibanderol mulai dari Rp 314,9 juta sampai Rp 369,9 juta on the road (OTR) DKI Jakarta. Sedangkan Mazda 2 Sedan dibanderol dengan harga Rp 338,8 juta (OTR Jakarta). Setelah mengupas semua spesifikasi kedua sedan kompak 1.5 liter ini, tentu kini cukup memilih mobil mana yang sesuai dengan preferensi Anda. Sayang, tidak ada yang bermesin turbo di keduanya…

5 2 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x