Impresi Pertama Hyundai Stargazer X: Ubahan Minim, Dongkrak Penampilan

23 August 2023 | 3:00 pm | Aldi Prihaditama

Beberapa pekan silam, PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) resmi meluncurkan produk terbarunya, yakni Hyundai Stargazer X. Kami berkesempatan untuk mencobanya secara singkat di sela acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Hyundai Stargazer X ialah keluarga baru Stargazer yang kini menjelma menjadi sebuah kendaraan crossover.

Hadirnya Stargazer X dirasa untuk meneruskan prestasi Stargazer yang telah diluncurkan sebelumnya. Secara sekilas, memang siluet crossover ini masih sama dengan versi Multi-Purpose Vehicle (MPV). Namun sejumlah ubahan dilakukan untuk memperlihatkan kesan yang lebih ‘gagah’.

Aksen warna merah pada interior

Sebut saja kap mesin dan bumper yang memiliki kontur layaknya sebuah Sport Utility Vehicle (SUV). Selain itu ada Roof Garnish dan Roof Spoiler untuk menekankan karakter yang dinamis. Selanjutnya, Hyundai menyematkan velg alloy diamond-cut berdiameter 17 inci, untuk memberikan ground clearance yang lebih tinggi. Apalagi ada moulding dengan aksen warna hitam pada keempat fender roda.

Interiornya memang menawarkan kenyamanan berkendara, bahkan tersedia opsi konfigurasi captain seat untuk semua varian, baik Style maupun Prime. Captain seat memiliki sandaran lengan agar para penumpang di baris kedua mobil mendapatkan posisi duduk paling nyaman. Khusus pada crossover ini, material joknya pun berbeda dengan Stargazer, sebab pada Stargazer X memiliki aksen warna merah. Terlebih lagi ada picnic table bagi penumpang baris kedua.

Baca juga :  Lima Hari Bersama BYD Atto 3, Ternyata Kami Keliru

Dua warna baru yang eksklusif

Mesin yang digunakan memang serupa dengan milik Stargazer, yakni unit Smartstream G4FIII DOHC 1.5 liter dengan output 113 hp dan torsi maksimal 143,8 Nm. Jantung mekanis tersebut dipadukan dengan transmisi IVT (Intelligent Variable Transmission). Transmisi ini dapat meningkatkan efisiensi mesin agar penggunaan bahan bakar lebih efisien. Agar lebih efisien, Hyundai Stargazer X juga dilengkapi fitur Cruise Control.

Hyundai Stargazer X tersedia dalam berbagai warna eksterior, seperti Creamy White Pearl, Magnetic Silver Metallic, Titan Gray Metallic, Midnight Black Pearl, dan Dragon Red Pearl. Ada warna baru yang khusus dihadirkan pada mobil ini, yaitu Gravity Gold Matte dan Optic White Matte. Jika konsumen menginginkan tampilan two-tone, Hyundai juga dapat mengakomodirnya.

Saat ini Stargazer X sudah dapat dipesan di seluruh jaringan dealer Hyundai di Indonesia. Untuk varian Style dipasarkan dengan harga Rp 325,6 juta, sedangkan untuk varian Prime dibanderol dengan harga Rp 336,2 juta. Keduanya merupakan harga on-the-road DKI Jakarta.  

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x