Pabrikan mobil listrik (EV) yang mencoba beradu peruntungan di pasar otomotif Indonesia bertambah satu lagi. Namanya cukup unik dan mudah diingat, Zeekr. Satu dari dua model yang diboyong brand asal Tiongkok tersebut yakni Zeekr X tampil memukau pada pameran GJAW 2024 lalu.
Crossover atau SUV 5-seater ini dipasarkan oleh PT Premium Auto Prima selaku agen pemegang merek (APM) Zeekr di Indonesia.
Apa yang membuat Zeekr X berbeda dari model crossover EV sejenisnya?
Tampilan Eyecatching
Dari tampilan eksterior, Zeekr X memiliki gaya desain semi futuristik dan sporty. Sepintas nampak tak jauh beda dari model SUV dan crossover EV dari brand lain yang beredar di Indonesia. Rata-rata mobil jenis ini tampangnya mirip-mirip dan desainnya hanya beda tipis.
Lampu depan LED-nya jadi salah satu sisi keunikan dari Zeekr X. Sorotan lampunya bisa berjoget mengikuti irama musik.
Kebanyakan mobil memasang kamera 360 derajat pada bemper. Namun pada Zeekr X justru tersamar dan menjadi satu dengan emblem logo Zeekr yang minimalis.
Bodi bagian samping ternyata agak sedikit beda dari crossover EV sejenisnya. Zeekr X dilengkapi spion dan kaca pintu model frameless. Handle pintu dilengkapi sensor.
Uniknya, pada pilar B ternyata dilengkapi layar penampil informasi kendaraan. Siluet bodi bagian samping pun tak terlihat polos dan membosankan berkat over fender berkelir hitam glossy. Kesan sporty pun makin kental berkat sirip diffuser di bemper belakang.
Dengan panjang 4.432 mm, lebar 1.836 mm, dan tinggi 1.566 mm, bodi Zeekr X tak terlalu besar. Ground clearance 191 mm, terbilang cukup aman untuk menerabas genangan. Satu set velg alloy two-tone 19 inci berbalut ban Continental, bikin tampilan makin sempurna.
Interior Unik
Saat masuk ke dalam kabin, Zeekr X punya gaya interior yang minimalis, simple namun tetap berkesan mewah. Pada dashboardnya terpampang layar head unit 14,6 inci. Ini adalah pusat kontrol sebagian besar fitur berkendara, AC dan sistem multimedia infotainment. Pengaturan light show, pintu, serta penyejuk jok juga dari layar ini.
Karena dashboard minim tombol fisik, maka sebagian fitur berkendara diatur via layar head unit. Scrolling menu fitur pada layar sambil mengemudi memang sedikit merepotkan. Tapi itulah imbas kecanggihan teknologi. Untungnya, menu tampilan layar tidak ribet dan semua kendali fitur responnya yang cukup cepat.
Panel instrumen digital dibalik setirnya masih nyaman dilihat walau ukurannya tak terlalu besar. Tersedia pula fitur layar head up display yang menampilkan beragam informasi berkendara. Proyeksi head-Up display ke kaca depan membuat pengemudi tak perlu mengalihkan perhatian dari jalan.
Visibilitas pengendara ke arah depan, samping kiri-kanan dan belakang tak jauh beda dengan crossover sejenis. Toh, ada fitur kamera 360 derajat yang terintegrasi dengan layar head unit. Fitur ini bagaikan mata ketiga pengemudi yang membantu melihat seluruh sisi kendaraan. Kamera ini tetap aktif hingga kecepatan 30 km/jam. Cukup membantu saat bergerak di kemacetan.
Yang menarik, disematkan juga fitur Self Parking yang siap memarkirkan mobil ini secara otonom.
Joknya yang berbalut kulit lembut terbilang ergonomis. Posisi duduk bisa diatur secara otomatis, sehingga saat perjalanan jauh pun dijamin tetap nyaman.
Selebihnya, fitur remote keyless entry, ambient light, dan pintu bagasi elektrik jadi poin plus pada Zeekr X.
Performa Responsif
Zeekr X hadir di Indonesia dalam dua pilihan penggerak: AWD dan RWD. Varian AWD yang kami coba dibekali motor elektrik ganda dengan output tenaga 428 hp dan torsi puncak 543 Nm.
Kedua varian dilengkapi baterai 66 kWh. Soket fast charger CCS Type 2 terletak di sisi kiri mobil. Pengisian daya 20-80 persen dengan fast charger DC 150 kW, hanya butuh waktu kurang dari 30 menit.
Karena ini mobil listrik dengan baterai cukup besar, maka tersedia pula fitur vehicle to load (V2L) alias berbagi daya listrik. Energi baterainya bisa dipakai untuk perangkat kelistrikan eksternal dalam kondisi darurat.
Meskipun daya baterainya sama, tapi jarak jelajah antara kedua varian berbeda. Berdasarkan standar WLTP, versi RWD bisa menempuh hingga 440 km. Sedangkan versi AWD bisa mencapai 420 km. Jika mengikuti standar NEDC yang berlaku di RRC, versi AWD bisa menempuh jarak hingga 540 km.
Terdapat tiga mode berkendara yang dapat dipilih yakni Standard, Comfort dan Sport. Akselerasi 0-100 km/jam hanya butuh 3,8 detik. Menurut kami, hasil uji akselerasi antar penguji bisa beda tipis. Bergantung respon pengemudi saat menginjak pedal.
Akselerasi Responsif
Setidaknya, tarikan awal mobil ini terbukti cukup responsif. Padahal kami pakai mode Comfort. Sensasi tenaga dan torsi cukup terasa namun tidak begitu menghentak. Muntahan performa baru terasa saat pakai mode Sport sambil injak pedal gas hingga rebah. Kami suka sensasi mode Sport.
Handling mobil ini terbilang jinak dan stabil saat diajak manuver pada mode Comfort dan Standard. Hanya saja ayunan suspensi terasa agak keras saat melewati speed bump dan jalan bergelombang. Setting suspensinya yang sedikit lebih rigid mungkin menyesuaikan karakternya yang sporty.
Soal pengereman, Zeekr X cukup responsif dan pakem walau pada kecepatan tinggi. Jarak pengereman pun terbilang pendek.
Bagi Anda yang berminat, Zeekr X harganya Rp 1,1 miliar (RWD) hingga Rp 1,3 miliar (AWD). Pemesanan kedua varian Zeekr X telah dibuka sejak November 2024 lalu.
Unit pesanan sudah mulai dikirim ke konsumen mulai Januari 2025. Cukup cepat juga, mengingat mobil listrik ini masih diimpor dari RRC dalam kondisi utuh atau CBU.