DiSus System Terobosan BYD Untuk Suspensi Pintar

27 July 2024 | 5:35 pm | Aldi Prihaditama

Di tahun 2023 silam, BYD memperkenalkan sebuah teknologi mutakhir, yakni DiSus Intelligent Body Control System (DiSus System). DiSus adalah terobosan teknologi eksklusif yang mampu meningkatkan dinamika kendaraan, keselamatan, kenyamanan, dan kinerja dalam berbagai kondisi berkendara.

Pengembangan sistem ini menjadikan BYD pabrikan mobil Cina pertama yang memiliki seluruh teknologi kontrol bodi dari sebuah kendaraan pintar. DiSus System juga membuat kendaraan lebih nyaman, lincah, dan aman. Sistem suspensi secara cerdas dapat menyesuaikan kondisi jalan.

Oleh karena itu, sistem ini menawarkan kontrol menyeluruh dalam dinamika bodi dengan gerakan lateral, memanjang, dan vertikal. Sehingga memberikan landasan bagi pengembangan Advanced Driver Assistance Systems (ADAS) di masa datang.

Inspirasi utama BYD dalam pengembangan DiSus System berasal dari sensasi berkendara yang ringan, stabil, dan tenang di segala medan. Tiga hal pun dapat diminimalisir, yaitu body roll saat menikung, pitch pada kendaraan saat di jalan yang bergelombang, dan getaran yang diterima di kabin kendaraan saat berjalan di jalan yang tidak rata.

DiSus System terus beradaptasi dengan kondisi jalan dan gaya berkendara. Sistem ini juga mengoptimalkan pengaturan redaman dan suspensi, untuk menghasilkan pengendaraan lebih nyaman. Bahkan di permukaan jalan yang tidak rata sekalipun.

DiSus System memiliki fungsi seperti menaikkan suspensi, mengatur kekerasan suspensi, dan penyesuaian redaman, serta camping levelling (perataan kabin saat mobil dalam keadaan menanjak).

Baca juga :  Nissan Serena Diantar Lebih Cepat Dari Perkiraan

DiSus System membuat perjalanan lebih nyaman, sebab ada suspensi aktif yang terintegrasi dengan sensor dan kamera. Sehingga keadaan jalan dapat selalu terpantau secara otomatis. 

Sensor dan kamera mengetahui medan, rintangan serta melihat keadaan jalan sejauh 150 m, melalui akurasi deteksi kurang lebih 3 mm dari setiap sisi bodi mobil, sekaligus memberikan reaksi akurat hingga 99 persen.

Ada berbagai mode berkendara, termasuk mode comfort dan mode sport. Untuk mode comfort, suspensi menyesuaikan untuk memberi kenyamanan maksimal di dalam kabin. Sedangkan pada mode sport, suspensi mempertajam pengendalian saat berkendara di kecepatan tinggi.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x