Mengenal VinFast, Mobil Vietnam Yang Tidak Murah

4 June 2023 | 9:31 pm | Indra Alfarisy

Merek mobil VinFast mungkin jarang terdengar. Namun kami tertarik dengan nama ini karena inilah merek mobil asal Vietnam yang punya produk yang terlihat meyakinkan. Tidak hanya itu, kapan Anda terakhir dengar ada sebuah produk yang asli Vietnam? Selain mie. 

VinFast tergolong pemain baru di industri otomotif. Didirikan pada pada Juni 2017 di Hai Phong, Vietnam. Penetrasi pasarnya tidak hanya di negara asal, tapi juga sudah merambah ke kawasan regional seperti Australia, China, Korea Selatan, bahkan hingga Jerman dan Amerika Serikat.

Vinfast EV

Produknya, seperti yang bisa Anda lihat di bawah, cukup menarik perhatian. Bukan produk asal jiplak. VinFast menghadirkan produk yang kebanyakan tersedia untuk pasar kelas menengah ke atas. Meski mereka juga menyediakan beberapa model untuk pasar yang lebih luas.

Tidak lupa, belakangan pabrikan ini juga memasuki pasar mobil dan motor listrik. Dan untuk EV, mereka punya banyak pilihan. Kami akan hadirkan di artikel berikutnya. 

Yang mendesain juga bukan sembarangan. Tercatat nama seperti Pininfarina. Dan terdengar meyakinkan karena mereka memiliki hubungan yang akrab dengan General Motors (GM) dan BMW. Makanya, meski ini bikinan Vietnam, tapi harganya mahal. 

VinFast Lux A2.0

Vinfast Lux A2.0

Lux A2.0 adalah satu dari dua produk perdana mereka yang rilis pada 2018 di Paris Motor Show. Engineering-nya tidak main-main karena di balik kulitnya ada platform BMW Seri-5 F10. Bentuknya keren? Itu karena yang mendesain adalah Pininfarina.

Baca juga :  Tidak Tanggung-tanggung, Ada 55 Brand Nongol di GIIAS 2024

Mesinnya berkapasitas 2,0 liter turbo (bensin). Tenaganya antara 174-228 hp. Ini disediakan oleh BMW, tepatnya BMW N20B20, dengan transmisi 8-speed otomatis bikinan ZF. Lux A2.0 sukses meraih lima bintang di uji tabrak ASEAN NCAP tahun 2019.

VinFast Lux SA2.0

Vinfast Lux SA2.0

Menemani sedan Lux A2.0, hadir juga di Paris Motor Show 2018, kendaraan SUV Lux SA2.0. Lagi-lagi, basisnya disediakan oleh BMW. Tepatnya BMW X5 dari generasi F15. Desain SA2.0 juga digurat oleh Pininfarina.

Penggeraknya juga sama dengan versi sedan. BMW N20B20 dengan transmisi ZF otomatis 8-speed. Baik SA2.0 maupun sedan A2.0 dirakit di fasilitas perakitan di kota Hai Phong, Vietnam. Harganya sekitar US $86.956.

VinFast President

Vinfast PResident V8

Ini adalah versi terbatas dari VinFast Lux SA2.0. Saat ini, VinFast hanya membuat dalam jumlah terbatas. Mereka hanya memproduksi sebanyak 500 unit saja. Dan harganya spektakuler, US $ 164.000!

Di balik kap mesin ada bongkahan mesin V8 yang diambil dari GM. Kapasitasnya 6,2 liter dan meski tidak disebutkan secara resmi, tapi menurut rumor, ini mesin LS. Kalau Anda mengikuti perkembangan otomotif, LS engine adalah mesin yang sangat populer. Salah satu yang menggunakan mesin ini adalah Chevrolet Corvette dan Camaro SS.

VinFast Fadil

Vinfast Fadil, mobil produksi masal Vietnam.

Fadil mungkin jawaban FinVast untuk pasar yang lebih luas. Diperkenalkan pada akhir 2018, dan mulai masuk lini produksi pada 2019. Basisnya Chevrolet Spark generasi keempat. City car ini dihargai US $16.000 di Vietnam, dan sempat jadi mobil paling laris pada tahun 2021 di negara itu. Data penjualan selama masa pandemi (2020-2021) Fadil terjual hingga 42.444 unit. 

Baca juga :  Pabrik GAC Aion Bisa Bikin Mobil Kurang Dari Satu Menit

Di balik bonnet terpasang mesin 1,4 liter empat silinder. Tenaganya 98 hp. Tipikal mobil perkotaan.  

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x