Paus Fransiskus Lebih Suka Mobil Yang Tidak Mencolok

5 September 2024 | 8:00 pm | Aldi Prihaditama

Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia pada beberapa hari silam, memang banyak menuai perhatian. Namun, bagi penyuka otomotif, maka yang menjadi sorotan berikutnya ialah kendaraan yang digunakan oleh Paus tersebut. Ya, sebuah Toyota Kijang Innova Zenix berkelir putih menjadi pilihan beliau. Hal ini tergolong unik, sebab mobil tersebut bukan sebuah kendaraan yang ‘spesial’. Apalagi biasanya Popemobile menggunakan basis mobil yang dirancang khusus untuk Paus.

Mobil Paus atau Popemobile, merupakan kendaraan khusus yang ditumpangi Paus dengan ciri khas berwarna putih polos dan berkonsep terbuka. Namun, semenjak era Paus Yohanes Paulus II, Popemobile dilengkapi dengan kaca antipeluru. Popemobile digunakan sejak lama oleh Paus saat menyapa masyarakat.

Julukan Popemobile hadir di tahun 1979

Menurut sejarah, istilah Popemobile dipopulerkan pada tahun 1979. Seiring dengan kunjungan Yohanes Paulus II ke Irlandia, Paus menggunakan mobil Ford Transit dengan 15 kursi. Pada tahun 1981, ada sebuah insiden di lapangan Santo Petrus, Roma. Paus Yohanes Paulus II ditembak, ketika sedang berada di mobil Fiat 1107 Nuova Campagnola beratap terbuka yang berwarna putih. Beliau selamat dari upaya pembunuhan, tetapi peristiwa itu mendorong perubahan besar pada rancangan Popemobile.

Hasilnya, sebagian besar Popemobile memiliki jendela yang terbuat dari kaca antipeluru, atau plastik dengan kaca yang tahan peluru. Peningkatan keamanan lainnya, termasuk pelapisan lapis baja dan pijakan di bumper belakang, yang dapat digunakan oleh pengawal. Banyak Popemobile berasal dari brand terkenal, sebut saja Fiat, Lincoln, Range Rover, Mercedes-Benz, hingga Jeep.

Baca juga :  Persiapan Kedatangan Zeekr, Kami Kunjungi Design Studionya di Shanghai

Didasari sifat ramah dan sederhana

Oke, saat Jorge Mario Bergoglio dinobatkan sebagai Paus Fransiskus, beliau dikenal sebagai sosok yang begitu ramah dan sederhana. Menjalani hidup secara sederhana juga ‘merambah’ ke pilihan sarana transportasinya. Mobil yang beliau gunakan ialah sebuah Renault 4L warna putih buatan tahun 1984. Renault ini merupakan hadiah dari Romo Pastur Renzo Zocca.

Selain Renault 4L tersebut, Paus Fransiskus juga pernah menggunakan Dacia Duster, Kia Soul dan Skoda Rapid saat melakukan kunjungan resmi. Bisa jadi selera akan kendaraan yang tidak mencolok ini, diterapkan oleh Paus Fransiskus saat berada di Tanah Air. Sebagaimana sosok Toyota Kijang Innova Zenix juga banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x