Toyota Menunggu Waktu Tepat Untuk Meluncurkan Prius Gen 5

20 October 2022 | 12:00 pm | Rizky Dermawan

Berbicara tentang mobil hybrid, maka tak dapat terlepas dari sosok yang satu ini, Prius. Ya, mobil hybrid pertama Toyota ini membuka mata dunia saat kemunculan perdananya di Jepang tahun 1997 silam dan menjadi tolok ukur perkembangan teknologi hybrid dunia selama seperempat abad.

Prius memang pernah mengalami era keemasan saat berhasil membukukan penjualan global sebanyak 236.000 unit di tahun 2012. Namun satu dekade terakhir, munculnya beragam mobil sejenis, plus perkembangan teknologi mobil listrik yang pesat membuat persaingan menjadi kian ketat.

Selama dua tahun terakhir Toyota telah mempersiapkan peluncuran Prius generasi terbaruYyang dikabarkan telah bermigrasi menggunakan platform TNGA (Toyota New Global Architecture). Namun kendala pasokan chip semikonduktor global yang terjadi setahun terakhir ini bukanlah satu-satunya alasan penundaan munculnya evolusi baru Prius–Prius Gen 5.

Dan tentu saja, tarik ulur kepastian sosok dari Prius Gen 5 memunculkan beragam prediksi dan juga gambar rekaan di berbagai media global dan jagat maya. Tapi munculnya foto mobil yang diduga merupakan Toyota Prius Gen 5, kian menguatkan prediksi bahwa Prius generasi baru akan segera muncul.

Spekulasi Mesin Toyota Prius Baru

Prototype tersebut terlihat memiliki garis atap lebih rendah dan siluet body aerodinamis. Juga bonnet lebih panjang dari sebelumnya. Ya, sekilas tak jauh berbeda dari sejumlah sketsa gambar rekaan yang beredar saat ini.

Baca juga :  Neta V Mulai Pindah Tangan Ke Konsumen

Posisi handel pintu kabin belakang yang terletak di pilar-C pun identik dengan model Toyota C-HR yang juga menggunakan platform TNGA. Dan jika dipadukan dengan sketsa gambar rekaan yang menampilkan gaya desain ala Crown “Sport” dan bZ4X, maka Prius Gen 5 benar-benar mengalami evolusi desain.

Dari segi keselamatan berkendara, Prius Gen 5 tentunya bakal dibekali dengan teknologi Toyota Safety Sense seperti mobil Toyota terbaru yang dipasarkan saat ini. Autonomus driving? Mungkin saja…bukan hal yang mustahil bagi Toyota.

Perihal sistem penggerak yang nantinya bakal diusung oleh Prius Gen 5 masih menjadi misteri. Kemungkinan menggunakan mesin 1,5 liter dengan sistem listrik yang ditingkatkan. Ataukah akan muncul versi EV?

Selain itu, bukan tidak mungkin Prius Gen 5 juga mengusung mesin hidrogen seperti Mirai. Pasalnya saat ini Toyota dan Kawasaki sedang bekerjasama dalam pengembangan teknologi mesin berbahan bakar hidrogen. Jika benar, maka Prius Gen 5 benar-benar memasuki babak baru.

Hmm… Kita tunggu kabar selanjutnya, dan tentunya tak akan lama lagi…

Sumber Foto

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x