Mercedes-AMG CLA 2023 Makin Berwibawa

20 January 2023 | 10:39 am | Rizky Dermawan

Memasuki tahun 2023, sejumlah pabrikan otomotif melakukan update pada model mobil mereka. Demikian pula dengan Mercedes-Benz yang melakukan peremajaan pada lini CLA-Class.

Mercedes-Benz 2023 CLA

 

Jajaran model kelas compact ini tak sekadar mendapat sentuhan ulang pada eksterior maupun interior. Sejumlah update pada konten fitur, teknologi maupun sektor penggerak yang dibekalkan pun tak luput dari perhatian. Yang menarik, perubahan untuk versi Mercedes-AMG CLA

Sentuhan ulang eksterior lini CLA AMG

 

Peremajaan eksterior pada CLA maupun CLA Shooting Brake dari Mercedes-AMG menjadi lebih berwibawa dan menggugah. Ubahan tampilan depan model entry-level AMG CLA 35 4MATIC Coupé dan Shooting Brake sangat jelas terlihat.

CLA AMG

Perubahan nampak pada grille “Panamericana” dengan imbuhan logo AMG berbentuk bundar. Sementara varian CLA 45 S 4MATIC+ Coupé dan CLA 45 S 4MATIC+ Shooting Brake pun kini tampil dengan headlamp LED MULTIBEAM model baru.

Velg baru AMG bernuansa hitam

Untuk tahun 2023, CLA-Class tampil dengan sejumlah versi velg model terbaru. Model CLA 35 memiliki tiga pilihan velg light-alloy. Velg standard menggunakan model 10-spoke berukuran 18-inci berkelir high-gloss black. Velg opsional 19-inci model 5-twin-spoke tersedia dalam pilihan warna matte black dengan lapisan dalam high gloss black. Ditambah kombinasi matte black dengan ring bernuansa high-gloss black.

Velg AMG

Variant CLA-45 S pun kini tampil dengan velg standar 7-twin-spoke terbaru dengan dua pilihan warna. Untuk velg 19-inci model 5-twin-spoke terbaru pada model 45 S tersedia dalam pilihan warna matte black, identik seperti warna velg opsional CLA 35.

Baca juga :  Citroën C3 Aircross Suguhkan Kenyamanan Khas Prancis

Interior tampil dengan nuansa warna baru

Tak hanya tampilan eksterior, kemasan interior CLA pun tak luput dari peremajaan. Jok sport standard maupun opsional AMG Performance dibalut kulit ARTICO dipadukan dengan bahan microfibre MICROCUT. Kini dapat dipesan dengan warna pilihan baru Bahia Brown.

New CLA AMG Interior

Untuk opsi warna kombinasi, Sage Grey/Black menjadi opsi warna baru pada kulit ARTICO.  Warna baru lain yakni kombinasi Red Pepper/Black untuk pertamakalinya digunakan sebagai pelapis jok pada interior. Sementara panel interior dilapisi bahan berpori yang tersedia dalam berbagai pilihan kombinasi warna.

Setir standar Mercedes-AMG CLA pun kini mengandalkan setir AMG Performance terbaru dengan tombol multifungsi. Beragam pengoperasian fitur berkendara dapat dilakukan tanpa perlu memindahkan tangan dari setir.

Upgrade Software Infotaintment MBUX

Sistem infotaintment terpadu MBUX generasi terbaru juga dibekalkan pada Mercedes-AMG CLA. Seperti halnya model A-Class yang telah lebih dulu diremajakan. CLA versi AMG kini tampil dengan desain layar dashboard model baru.

Versi standar dilengkapi layar digital 7-inci dan 10.25-inci. Namun anda dapat memilih paket opsional dengan dua layar 10.25-inci. Software terbaru MBUX dilengkapi fitur mode tampilan Classic”, “Sporty” dan “Discreet”. Software fitur voice assistant “Hey Mercedes” serta koneksi nirkabel Apple CarPlay dan Android Auto juga mengalami upgrade. Sistem audio opsional Burmester surround-sound system kini dilengkapi teknologi Dolby Atmos.

Upgrade Sektor Performa AMG CLA 35

Tak ingin dicap setengah-setengah, sektor performa CLA pun mengalami upgrade. Lini model CLA 35 dibekali motor starter berpenggerak sabuk dan sistem kelistrikan 48V.

Baca juga :  Skuteris Dunia Bersiap Untuk Vespa World Days 2024

New CLA AMG

Motor starter generasi kedua sekaligus sebagai modul hybrid ringan ini tak hanya memasok suplemen boost tenaga sebesar 14 hp, namun juga meningkatkan efisiensi konsumsi BBM.

 

Pada varian 4MATIC kini dibekali mesin 2.0-liter 4-silinder turbo berdaya 306 hp. Dipadukan dengan transmisi AMG SPEEDSHIFT DCT 8G serta penggerak all-wheel drive AMG Performance 4MATIC. Akselerasi 0-100 km/jam hanya butuh waktu 4,9 detik.

CLA 45 S 4MATIC+ AMG Street Style Edition

Lini model Mercedes-AMG CLA 45 kini menghadirkan edisi spesial yang ditawarkan dalam waktu terbatas. Edisi spesial berlabel “AMG Street Style Edition” ini tersedia untuk model CLA 45 S 4MATIC+ variant Coupé dan Shooting Brake.

Tampilan eksterior dibedakan dengan warna khusus Mountain Grey Magno dari palet warna Mercedes-Benz MANUFAKTUR. Pada body bagian samping tersemat logo dan label “AMG”  dengan striping body bermotif bendera START pada latarnya. Sementara pada sirip  spoiler dan air intake diberi imbuhan aksen warna Fluorescent Orange.

AMG CLA

Velg light-alloy AMG khusus 19-inci model 5-twin spoke dibalur dengan sapuan warna Matte Black dan aksen warna Gloss Black pada ring bibir velg. Tersedia pula paket opsional yakni velg forged AMG 19-inci model cross-spoke berkelir Matte Black.

Kaliper rem berkelir merah yang terlihat kontras dengan tampilan velg menjadi kelengkapan standard pada edisi spesial ini.

Fitur lainnya yang dibekalkan antara lain paket AMG Aerodynamics, AMG Night I dan II serta cover tutup saluran BBM AMG.

Baca juga :  Kenapa Insulator Busi Bisa Retak?

Interior Street Style

Area interior AMG Street Style Edition pun dikemas khusus dengan gaya sport khas AMG. Jok AMG Performance berbahan microfibre MICROCUT berwarna hitam dihiasi aksen lis jahitan berwarna oranye. Label “CLA 45 S” plus emblem AMG yang tersemat pada area interior pun tampil dengan warna oranye.

Setir khusus AMG Performance berbahan kombinasi kulit dan microfibre MICROCUT dipadukan dengan aksen aluminium sewarna body.

Area dashboard khususnya pada bingkai panel instrument dihiasi aksen jahitan berwarna oranye. Sementara pada sill pintu dihiasi dengan tulisan “AMG”. Karpet khusus AMG bertuliskan “Street Style Edition” di jahit dengan aksen benang warna oranye.

Mesin 2.0-liter 4-silinder turbo racikan AMG pada CLA 45 S 4MATIC+ Coupé dan Shooting Brake edisi khusus ini pun lebih bertenaga dan responsif.

Dengan output tenaga maksimum 421 hp dan torsi maksimum 500 Nm, akselerasi 0-100 km/jam hanya butuh waktu 4,1 detik. Hanya saja untuk top speed dibatasi pada angka 270 km/jam.

Sistem penggerak all-wheel drive 4MATIC dilengkapi perangkat AMG TORQUE CONTROL untuk mengoptimalkan penyaluran torsi ke roda dan handling berkendara.

Pada girbox dilengkapi dua bak kopling multi plat berpengendali elektronik yang terhubung ke gardan pada poros roda belakang via kopel high performance.

Tak hanya menghasilkan distribusi tenaga dan torsi yang optimal ke poros roda. Traksi penggerak roda belakang dapat dipilih antara kiri ataupun kanan. Teknologi canggih yang membuat pengendaraan menjadi kian menyenangkan.

 

4.5 2 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x