BMW XM Label Red Jadi Official Safety Car MotoGP 2024

10 December 2023 | 8:54 am | Rizky Dermawan

Tidak akan ada balapan yang berlangsung tanpa kehadiran safety car. Termasuk di MotoGP. Nah,  sosok calon Official Safety Car MotoGP untuk musim balap tahun 2024 mulai diperkenalkan. Dan seperti biasa, produk BMW M diandalkan. Inilah BMW XM Label Red, yang akan jadi mobil pemandu balapan MotoGP. 

Ini agak di luar kebiasaan karena BMW M selalu menyediakan mobil coupe. Tapi ada alasan kuat kenapa XM label Red yang dipilih untuk safety car musim balap MotoGP 2024. Tak sekadar jadi varian teratas dari model SUV BMW XM, Label Red adalah mobil BMW M paling perkasa.

Safety car MotoGP 2024

Sistem penggeraknya memadukan antara mesin V8 M TwinPower Turbo dengan motor elektrik sinkronus yang terintegrasi dengan transmisi M Steptronic 8-speed. Output tenaga maksimum kombinasi yang dihasilkan 738 hp. Perpaduan 577 hp dari mesin V8 dan 194 hp dari motor elektrik. Itu baru spek standar.

Performa ini cukup untuk melesatkan hingga kecepatan 100 km/jam dalam waktu 3,8 detik. Walau bisa melaju sangat kencang, namun top speed dibatasi hanya 282 km/jam. Untuk mengimbangi kecepatan motor balap para rider MotoGP rasanya sudah memadai.

Seperti mobil lain yang mengemban fungsi sebagai Official Safety Car, sejumlah kelengkapan ekstra pun dibekalkan pada XM Label Red.

Mulai dari lampu strobo di grille dan lampu rotator di atap hingga sirip splitter tambahan pada bemper depan. Jok balap lansiran Recaro, seat belt 6-titik spek balap dan tabung APAR dibekalkab dalam kabin sebagai penunjang keselamatan berkendara.

Baca juga :  VinFast VF 5 Plus Beradu Dengan Wuling Binguo dan Neta V?

Official Safety Car terbaru ini akan mulai mengemban tugas perdananya pada seri pembuka MotoGP di sirkuit Losail, Qatar yang akan berlangsung bulan Maret 2024 mendatang.

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x