CFMoto 500SR Voom, Unik Bergaya Retro Modern

28 June 2024 | 4:07 pm | Rizky Dermawan

Sportbike garapan CFMoto, brand otomotif asal Tiongkok kembali bikin media dunia terpana dengan sportbike model terbaru berikutnya, 500SR Voom. Gaya retro modern sportbike 500cc dari brand asal Tiongkok ini sungguh bikin geleng kepala.

Desain fairing depan tampil dengan model melengkung plus headlamp ganda model bundar. Style yang mengingatkan pada sportbike era ’80an hingga ’90an.

Uniknya, lampu depan LED pada 500SR Voom saat dicermati adalah model ring. Bukan model bundar seperti pada sportbike lainnya.

Lubang di tengah ring lampu berfungsi sebagai lubang udara menuju tabung ram air yang ada di balik fairing. Aliran udara bertekanan pada tabung akan mendinginkan mesin dan radiator.

Tabung muffler knalpot laras ganda berada tepat di sisi bawah bodi belakang bagian kiri dan kanan. Sedikit mirip seperti Ducati Panigale dan sportbike era ’90-an. Spion model ‘tanduk’ di ujung grip setang mengadopsi gaya streetfighter.

Kombinasi warna Silver/Black atau Indigo Blue/Silver bernuansa metalik terlihat tak pasaran.

Suspensi depan menggunakan tipe up-side down lansiran KYB (Kayaba). Hanya saja tak dijelaskan spek sistem rem yang digunakan. Hanya terlihat sepasang cakram radial pada roda depan dan cakram tunggal di roda belakang. 

Desain pelek alloy-nya pun unik, beda dari sportbike sejenis yang ada di pasaran. Dibalut ban ukuran 120/70-17 (depan) dan 160/60-17 (belakang). 

Baca juga :  All New Honda BeAT, Lebih Segar dan Lebih Aman

Mesin 4-tak 500cc empat silinder segaris DOHC yang dibopong memang saat ini kurang populer. Padahal beberapa dekade silam justru inilah kelas para raja jalanan dan juga Grand Prix 500 cc.

Empat piston yang mengayun pada silinder berdiameter 63 mm dengan langkah stroke 40 mm menghasilkan output tenaga 78 horsepower. Top speed CFMoto 500SR Voom diklaim mampu mencapai 208 km/jam. Didukung transmisi manual 6-speed dengan kopling multi plat seperti yang dipakai 450SR.

Bentuk eksotis ditambah mesin bertenaga, sepertinya wajar kalau motor ini akan membuat pabrikan lain waspada. Kita tunggu kiprahnya. 

 

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x