Nissan Caravan MyRoom, Untuk Penyuka Alam Terbuka Ini Cocok

7 August 2024 | 7:03 pm | Rizky Dermawan

Tak banyak yang mengetahui jika Toyota HiAce di Jepang juga punya rival setara, Nissan Caravan. Generasi keenam yang saat ini beredar di pasaran tampilannya tak banyak berubah meski sudah 15 tahun.

Agar bisa tetap memikat para konsumen, bus Nissan Caravan pun dikonversi menjadi sebuah mobil camper dengan label MyRoom. 

Banjir Peminat

Nissan Caravan MyRoom sebenarnya sudah tampil perdana di Jepang sejak Oktober 2023. Hanya saja saat itu dipasarkan dalam jumlah dan waktu yang terbatas sebagai versi “Launch Edition.”

Siapa sangka, ternyata peminatnya cukup banyak. Tak lagi jadi edisi terbatas, MyRoom kini jadi varian reguler. Postur yang cukup besar dan kabin extra lapang membuat Caravan cocok dikonversi jadi camper.

Nissan Caravan MyRoom

Pada konversi MyRoom, bodi Caravan tak banyak mengalami ubahan. Atapnya tetap standar, lebar bodi sama. Hanya dipanjangkan sedikit, menjadi 5.080 mm.

Tampilan luarnya pun sepintas tak beda dari varian Caravan lainnya. Bedanya, ada warna eksklusif Sand Beige dengan kombinasi atap warna putih. 

Selain itu, ada opsi warna baru Deep Forest bagi penyuka nuansa hijau. Ciri khas lainnya, pada kaca samping dan belakang tersemat stiker “My Room – Into the Nature”.

Kamar Hotel Berjalan

Interior Nissan Caravan

Kemasan interior dihiasi panel kayu. Perangkat furniture modular dipasang sebagai pelengkap. Bangku pada kabin tengah bisa dilipat dan diubah menjadi sofa. Bahkan tersedia pula meja lipat.

Baca juga :  Aston Martin dan Honda Bermitra Dengan Aramco serta Valvoline

Untuk tempat tidur, ada dua pilihan. Kasur portable model lipat atau alas tidur dengan selubung kain motif kotak-kotak Herringbone.

Dengan desain furniture modular, kabin tengah dan belakang dapat dengan cepat dan mudah beralih fungsi. Mulai dari ruang santai, ruang makan maupun kamar tidur.

Untuk menjaga privasi dan kenyamanan, jendela kabin dilengkapi tirai penutup. Suasana kabin pun jadi sangat nyaman bagai kamar hotel di resort wisata. 

Diesel Atau Bensin?

Untuk versi mesin bensin 2.0-liter berkode QR20DE, output tenaganya 129 hp dengan torsi puncak 178 Nm. Sedangkan versi solar dibekali mesin diesel 2.5-liter lansiran Mitsubishi yang berkode 4N16.

Sama seperti yang dipakai pickup Mitsubishi Triton. Tenaga maksimumnya hanya 130 hp. Tapi torsi puncaknya 370 Nm.

Soket listrik untuk menghidupkan peranti camping

Kedua varian mesin dilengkapi dengan transmisi automatic 7-speed. Untuk versi mesin bensin tersedia penggerak RWD. Versi diesel ada versi RWD dan AWD.

Sebagai penyedia pasokan daya listrik, mobil ini dilengkapi baterai portable yang sama dengan Nissan Leaf. Tersedia soket listrik yang dapat terhubung ke sumber listrik standar berarus AC 100V.

Nissan Caravan MyRoom, peminatnya banyak.

Nissan Caravan MyRoom ini label harganya mulai dari ¥5.516.500 atau setara Rp 628 jutaan. Versi termahal harganya ¥6.855.200 atau sekitar Rp 780,8 jutaan. Sayangnya, Nissan Caravan MyRoom hanya beredar di Jepang saja. Hmm…sayang sekali.

4.7 3 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x