Nissan Luncurkan GT-R T-Spec Takumi & Skyline Edition

18 March 2024 | 1:54 pm | Rizky Dermawan

Nissan baru saja memperkenalkan GT-R (R35) model tahun 2025 di Jepang. Hanya saja belum ada kabar apakah versi facelift ini bakal masuk ke AS. Sebagai pemanasan, dua model edisi istimewa GT-R dilansir khusus untuk konsumen di Negeri Paman Sam. Namanya GT-R T-Spec Takumi & Skyline Edition 

Dari semua hal yang ada pada Nissan GT-R T-spec, yang paling istimewa dan penting adalah jantungnya. Mesin V6 twin-turbo VR38DETT.

Mengapa begitu istimewa? Karena setiap unit mesin Nissan GT-R T-spec dirakit dan dituning secara handmade oleh satu orang spesialis yang disebut Takumi. Prinsip ‘one man, one engine’ yang sama seperti di AMG.

Bagi yang awam apa itu T-spec, artian sederhananya yakni ‘spek garapan Takumi’.  Mesin yang dirakit oleh para Takumi memiliki tingkat kepresisian dan keseimbangan yang sangat tinggi.

Ada Emblem

Sebagai penanda, mesin racikan para Takumi ini diberi emblem khusus berwarna gold yang berisi nomor mesin dengan tulisan berwarna merah. Bagai stempel jaminan mutu.

Oleh sebab itulah 2024 GT-R T-spec Takumi Edition diluncurkan sebagai bentuk penghargaan terhadap para Takumi.

Nissan GT-R T-spec Takumi dilengkapi rem cakram karbon keramik GT-R Nismo. Fender depan pun dibuat lebih lebar. Selain itu, mobil ini dilengkapi fitur Vehicle Dynamic Control (VDC) yang di racik ulang oleh Nismo.

Baca juga :  PEVS 2024, Agar Transisi EV Tanah Air Semakin Cepat

Pada saat menggunakan R-Mode, VDC akan menyalurkan torsi dan tenaga yang proporsional pada roda tertentu. Gejala understeer maupun oversteer saat melibas tikungan pun dapat dikurangi. 

Eksterior edisi Takumi ini dikemas dengan laburan warna khas Nissan GT-R yakni Midnight Purple.

Sangat kontras dengan velg forged 20-inci berkelir gold lansiran RAYS. Kemasan interior didominasi nuansa hijau pekat Mori Green.

Nissan GT-R Skyline Edition

Model istimewa yang kedua lebih kental dengan gaya khas GT-R di era sebelum R35. Mungkin lebih tepatnya adalah edisi nostalgia GT-R.

Sekujur bodi dilabur dengan nuansa warna biru metalik Bayside Blue. Sedangkan lapisan kulit pada interior tampil dengan warna Sora Blue.

Bayside Blue adalah warna ikonik Skyline GT-R R32 – R34. Jumlah produksi GT-R GF-BNR34 hanya 11.600 unit. Tak sebanyak R33 yang jumlahnya 16.700 unit, bahkan R32 yang produksinya mencapai 44.000 unit.

Nissan sempat membangkitkan lagi nostalgia warna ini di tahun 2019 pada GT-R 50th Anniversary Edition model tahun 2020.

Tunggu Beberapa Bulan Lagi…

Saat ini belum diungkap secara resmi berapa jumlah unit yang akan tersedia dan label harganya. Hanya dikatakan bahwa kedua GT-R model istimewa ini akan mulai beredar di AS dalam beberapa bulan mendatang.

Sebagai gambaran, untuk R35 model Premium di AS dibanderol seharga $121.090 (Rp 1,89 miliar) dan T-spec label harganya mulai dari $141.090 (Rp 2,2 miliar).

Baca juga :  Chery Tiggo 9 PHEV Debut di Beijing, Jarak Tempuh 1.400 KM!

Sedangkan untuk varian NISMO label harganya mulai dari $221.090 (Rp 3,46 miliar).

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x