Di Indonesia, merek mobil Chery mungkin masih menduduki posisi 12 dalam hal penjualan retail degnan angka 7.506 unit (data GAIKINDO Januari-November 2024). Sementara bulan November saja, ada 806 unit Chery yang terlego.
Tapi di negara asalnya, mereka dikabarkan sukses jadi merek nomor dua paling laris. Data penjualan kumulatif selama Januari hingga November 2024, mencatat Chery menjual 2.305.411 unit. Ini adalah peningkatan yang signifikan, yaitu sebesar 38,4 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.
Lalu, Selama November, dikatakan 280.463 mobil berhasil dijual. Hal tersebut menempatkan Chery di bawah BYD yang selama November sukses menjual 506.804 unit. Angka tersebut menunjukan peningkatan untuk Chery, sebesar 32,2 persen dibanding November tahun 2023.
Menanggapi hal tersebut, “Pertumbuhan angka penjualan yang luar biasa dari Chery Group pada November 2024, menjadi bukti nyata bahwa kepercayaan dan kepuasan konsumen terhadap Chery terus meningkat di seluruh dunia,” kata Rifkie Setiawan, Head of Brand Department PT Chery Sales Indonesia.
Rifkie juga menambahkan, “Selama lebih dari 20 tahun, Chery telah melakukan pendekatan untuk pengembangan kendaraan berbasis teknologi, mencapai kemajuan komprehensif dalam kendaraan berbahan bakar fosil, energi terbaru, konektivitas cerdas, dan kendaraan otonom.”
Chery juga mengatakan bahwa ekspor mereka dari daratan Tiongkok tumbuh 22,4 persen selama Januari-November 2024. Hal ini menjadikan mereka menduduki posisi pertama dalam hal ekspor mobil. Dan ini sulit digoyahkan karena sudah berjalan selama 22 tahun.
Tiga Merek Tiongkok Paling Laris di Indonesia, Januari-November 2024 (Retail)
- Wuling Motors – 22.288 unit
- BYD – 11.654 unit
- Chery – 7.506 unit