Spesifikasi Kia EV9 Diumumkan, Jarak Tempuh 541 km

29 March 2023 | 12:27 pm | Indra Alfarisy

Kia mengungkapkan kemampuan teknis SUV tiga baris berpenggerak listrik Kia EV9. Sebelumnya, 15 Maret lalu mereka meresmikan kehadiran mobil ini. Lalu kemarin kami diundang untuk konferensi pers daring. Seperti apa spesifikasi Kia EV9?

Seperti yang pernah kami kabarkan, Kia EV9 berdiri diatas platform modular E-GMP buatan Hyundai-Kia Group. Dilengkapi teknologi baterai generasi keeempat, jarak tempuh maksimal diklaim 541 km. Baterai baru ini mampu diisi ulang secara ultra-fast 800 volt. Dengan kemampuan tersebut, EV9 diklaim akan punya jarak tempuh 239 km hanya dalam 15 menit pengisian ulang.

Varian Kia EV9

EV9 side view

Ada tiga varian yang akan dipasarkan secara global. Yang pertama adalah Kia EV9 RWD Standard dengan baterai berkapasitas 76,1 kWh. Varian ini dibekali motor penggerak 160 kW dengan torsi 350 Nm. Akselerasi 0-100 km/jam diselesaikan dalam 8,2 detik.

Kedua, EV9 RWD Long Range dengan baterai 99,8 kWh. Yang ini motor listriknya memiliki daya lebih kecil, 150 kW/350 Nm. Akselerasi 0-100 km/jam bisa diselesaikan dalam 9,4 detik. Jadi, performa sedikit dikorbankan untuk jarak tempuh. Meski tetap menarik.

Varian lainnya adalah Kia EV9 AWD. Dilengkapi dua penggerak listrik yang total menghasilkan 283 kW (379,6 hp) dan torsi kombinasi 600 Nm. 0-100 km/jam diklaim enam detik. Tapi angka uji sprint ini masih bisa dipangkas kalau pemiliknya nanti membeli opsi fitur Boost melalui Kia Connect Store. Hasilnya, torsi akan naik jadi 700 Nm dan bisa mencapai 100 km/jam dari diam dalam 5,3 detik.

Baca juga :  ANCAP Rilis Hasil Uji Tabrak Untuk GWM Tank 500

Highway Pilot

Salah satu teknologi yang jadi sorotan Kia adalah, fitur Highway Driving Pilot (HDP). Inilah kemampuan mengemudi otonom Level 3 dengan beberapa batasa. Menurut Kia, ada 15 sensor, termasuk dua Lidar untuk mendukung operasi HDP. Hal tersebut memungkinkan mobil untuk memindai dan mendeteksi serta bereaksi terhadap objek dalam bidang pandang 360 derajat penuh, untuk mencegah potensi tabrakan.

HDP Kia ini akan memenuhi kriteria yang diperlukan untuk memberikan kemampuan  berkendara otonomi Level 3, di wilayah tertentu di dunia. Jadi belum tentu bisa dipakai atau tersedia di EV9 yang nanti masuuk Indonesia.

Kia berencana untuk menawarkan HDP dalam model EV9 GT-line di masa mendatang. Detail lebih lanjut tentang HDP akan diungkapkan lagi nanti.

Dimensi & Interior

Inteiror Kia EV9

Panjang Kia EV9 mencapai 5.010 mm, lebar 1.980 mm dengan tinggi 1.755 mm. Kami coba bandingkan dengan dimensi mobil Kia terpanjang yang dipasarkan di Indonesia, Carnival. EV9 lebih pendek 145 mm, lebih sempit 15 mm dan lebih tinggi 5 mm. Namun wheelbase EV9 lebih panjang (3.100 mm vs 3.090 mm).

Ukuran ini diterjemahkan dengan baik oleh desainer interiornya. Mereka menghasilkan bentuk yang selain enak dilihat, sangat fugsional dan lega. Seperti biasa, bentuknya minimalis tapi modern. Semua material yang dipakai memanfaatkan bahan ramah lingkungan atau hasil daur ulang.

Baca juga :  Akhirnya, Citroën Ë-C3 Diserahkan Untuk 50 Konsumen Pertama

Konfigurasi kursinya ada pilihan enam atau tujuh penumpang. Bahkan ada opsi jok baris kedua yang bisa diputar berhadapan dengan baris paling belakang.

Kia EV9 akan melakukan debut ke hadapan publik di Seoul Mobility Show 2023 akhir bulan ini. Kemudian penampilan perdana di luar Korea Selatan akan dilaksanakan pada New York Auto Show 2023 April nanti.

Kapan dijual? Kia akan buka pemesanan untuk pasar Korea Selatan mulai kuartal kedua. Kemungkinan sekitar Mei atau Juni 2023. Untuk Indonesia, ditunggu saja, pasar global baru akan mendapatkan jatah semester kedua nanti.

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x