Toyota New Fortuner 2.8 GR Sport 4×4 Makin Mumpuni?

12 September 2024 | 7:00 pm | Rizky Dermawan

Kurang dari sepekan lalu PT Toyota-Astra Motor (TAM) menghadirkan Toyota New Fortuner 2.8 GR Sport 4×4 di Indonesia. Kami bersama sejumlah media berkesempatan menjajal New Fortuner 4×4 GR 2.8 Sport melintasi trek off-road yang ada di kawasan Pagedangan, BSD City, Tangerang Selatan.

Tampilan Lebih Garang Dan Sporty

Toyota melakukan penyegaran tampilan eksterior. Lampu depan LED desainnya berubah. Grille, serta bemper depan dan belakang versi GR bikin wajah Fortuner kian garang. Selain itu, kaliper rem warna merah yang terlihat dari sela palang pelek alloy model baru bikin gaya tampilan Fortuner makin sporty.

Interior pun tak luput dari sentuhan. Plafon berkelir hitam nampak kontras dengan aksen jahitan benang warna merah pada panel pintu. Perpaduan material kulit dan suede plus aksen jahitan benang warna merah pada jok GR Sport bikin tampilan interior Fortuner jadi makin trendy.

Pada dashboard terpampang layar head unit 9-inch yang dilengkapi OS Android. Sejumlah fitur pada sistem infotaintment meliputi koneksi Bluetooth, NFC Checking, dan Voice Command. Fitur kamera parkir Digital Rear View Monitor with DVR ditampilkan pada layar head unit.

Penumpang bangku baris kedua juga dimanjakan dengan fitur Rear Seat Entertainment (RSE) berupa layar digital 11.6-inci yang bisa diakses secara terpisah.

Baca juga :  Honda Racing Indonesia Bersiap Untuk Pertahankan Klasemen Tertinggi

Konektivitas T Intouch

Ada hal baru yang disematkan pada model New Fortuner (kecuali varian G) yakni In-Car Wifi Hotspot via fitur T Intouch. Tak hanya teknologi konektivitas yang menghubungkan pengemudi, kendaraan, dan layanan melalui jaringan internet.

Teknologi ini menawarkan fitur Remote Immobilizer yang dapat diakses melalui aplikasi mToyota. Pemilik kendaraan bisa menonaktifkan mobil dari jarak jauh saat terjadi pencurian.

Selain itu, fitur In-Car Connectivity yang dilengkapi dengan Connected Head Unit dan Connected Rear Seat Entertainment (RSE) memungkinkan pengemudi dan penumpang untuk tetap terhubung.

Fitur lain yang disediakan oleh Toyota yakni layanan Emergency Roadside Assistance (ERA) yang dapat diakses melalui tombol khusus di head unit. WiFi Hotspot berbasis jaringan broadband 4G/LTE juga tersedia gratis bagi para pemilik New Fortuner untuk jangka waktu tiga bulan pertama.

Performa Menggiurkan

SUV berbodi bongsor ini dibekali mesin diesel 2.755 cc VNT Intercooler berkode 1GD-FTV. Tenaga puncak sebesar 201 hp yang bermain di putaran mesin menengah yakni kisaran 3.000-4.000 rpm tak banyak berubah dari versi terdahulu.

Torsi maksimumnya yang sebesar 500 Nm bermain di putaran bawah yakni kisaran 1.600-2.800 rpm. Menggiurkan bukan?

Penyaluran performa mesin ke poros roda via transmisi otomatis 6-speed Sport Sequential Switchmatic. 

Beringas Melibas Trek Off-road

Karena kami menjajal New Fortuner 2.8 GR Sport 4×4 di trek off-road, maka kami pun mengganti mode penggerak dari 2WD ke 4WD. Cukup operasikan knob putar di dekat setting AC, untuk memindah dari mode 2H ke 4H atau ke 4L.

Baca juga :  Wuling Ambil Bagian di HLF-MSP dan The 2nd IAF 2024

Tinggal putar saja tuasnya, maka mode penggerak roda dapat berganti meskipun mobil dalam keadaan berjalan. Namun untuk yang 4L harus berhenti terlebih dahulu.

Dengan paket GR Performance, kualitas berkendara Fortuner ala GR ini pun jelas beda dari Fortuner biasa. Salah satu fitur penunjang pengendaraan yang dibekalkan adalah aplikasi Monotube Suspension Tuned by GR yang berfungsi untuk jalan aspal maupun trek off-road.

Bodi mobil tidak limbung saat melintasi jalan berlumpur dan berbatu. Dengan Monotube Suspension hasil racikan Gazoo Racing (GR), suspensi pun mampu meredam guncangan saat mobil melaju kencang.

LSD Bikin Gagah Beraksi

Tinggi bodi yang di angka 1.835 mm dan jarak ground clearance 220 mm membuat New Fortuner jadi lebih mudah melibas sejumlah rintangan di trek off-road yang kami coba.

Aksi di trek off-road pun kian ‘trengginas’ berkat perangkat Rear Differential Lock (R/D Lock). New Fortuner dapat dengan mudah melintasi trek miring meski dalam posisi satu ban belakang terangkat. Selain itu, masing-masing roda belakang memiliki putaran 100 persen sehingga roda tak kehilangan traksi.

Fitur yang tak kalah penting yakni Downhill Assist Control yang terintegrasi dengan kinerja sistem rem. Fitur ini menjaga agar mobil tidak merosot dan ‘nyelonong’ tak terkendali saat melewati turunan terjal.

Lengkap Dengan TSS

Sistem rem bekerja secara otomatis melakukan pengereman berkala saat melintasi turunan terjal. Pengemudi tetap bisa fokus mengendalikan arah kemudi.

Baca juga :  Meminimalisir Emisi Bersama Toyota All New Prius 2024

Soal fitur, Toyota New Fortuner dilengkapi dengan teknologi bantu berkendara terpadu Toyota Safety Sense (TSS). Mulai dari Pre-Collision System (PCS), Lane Departure Alert (LDA), dan Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), hingga Rear Cross Traffic Alert (RCTA).

Berkat fitur yang canggih dan lengkap, pengemudi dan penumpang dijamin merasa lebih aman dan nyaman saat berkendara dengan New Fortuner 2.8 GR Sport 4×4.

Untuk penyuka versi 2WD, New Fortuner 2.8 GR Sport A/T dibanderol Rp 650 juta. Sedangkan bagi para penyuka off-road, New Fortuner 2.8 GR Sport 4WD A/T dibanderol seharga Rp 720,8 juta.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x