Persiapan Kedatangan Zeekr, Kami Kunjungi Design Studionya di Shanghai

9 September 2024 | 9:15 pm | Indra Alfarisy

Dalam rangka mempersiapkan kehadirannya di Indonesia, Zeekr mengundang kami untuk mengetahui seperti apa organisasi pabrikan Cina ini. Salah satunya adalah memperlihatkan design center mereka yang baru di Shanghai.

Zeekr Design Center Shanghai baru berdiri kurang lebih enam bulan lalu. Pusat desain mereka yang pertama justru berdiri di Gothenburg, Swedia. Dikepalai oleh Stefan Sielaff, desainer kawakan yang pernah berkiprah di merek-merek Eropa seperti Bentley, Audi, direktur desain interior Mercedes-Benz dan sebagainya.

Di Shanghai, kantor ini bertanggung jawab untuk memahami langsung seperti apa kebutuhan pasar domestik untuk kendaraan listrik premium. Selain itu, kehadiran kantor desain di Shanghai juga untuk mengimbangi cepatnya perkembangan otomotif di pasar terbesarnya.

Karena itu, salah satu tugas mereka adalah menentukan versi facelift sebuah model. Sementara Gothenburg akan mendesain model yang benar-benar baru.

Zeekr Design Studio JAvier Gallardo

Dikatakan oleh Javier Garcia- Gallardo selaku Head of ZEEKR ART Design yang mengepalai kantor desain Shanghai, “Hanya perlu 2,5 tahun untuk menghasilkan model baru. Dari gambar sketsa hingga produksi dan delivery.” Bukan main.

Zeekr Design Studio tidak hanya membuat bentuk mobil. Mereka juga bertanggung jawab mendesain seperti apa user interface, hingga pengalaman penggunanya. Semuanya dibuat seditail mungkin. Mulai dari seperti apa rasa permukaan interior saat disentuh, kenyamanan, ergonomik, dan sebagainya.

Baca juga :  Melihat Langsung Pabrik Yang Merakit Zeekr, Volvo dan Polestar

Semua itu menjadi bagian dari misi mereka sebagai brand yang mendunia. “Sebagai merek global, penting bagi kami untuk memiliki desain yang memang memiliki daya tarik global. Itu kenapa kami punya 400 desainer yang berasal dari 30 negara berbeda.”

 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 

A post shared by Moto Mobi (@motomobinews) 

Kertas Kosong

Zeekr baru saja memperkenalkan model Zeekr Mix. MPV ini bahkan baru dijual beberapa bulan lalu pasar setempat. Javier mengjelaskan kalau mobil ini memiliki berbagai hal menarik dari segi desain. Salah satunya adalah minimnya pilar. Untuk sebuah MPV, ini bukan hal biasa.

Bukaan pintunya pun antik, yang tengah bergeser ke belakang, yang depan geser ke depan. Uniknya lagi, Zeekr Mix diposisikan bukan sebagai produk ‘flagship’. Karena status itu diisi oleh 009 yang akan dijual juga di Indonesia.

Masih menurut Javier, tantangan terbesarnya adalah Zeekr 007. 007 adalah sedan C-segment (sekelas Corolla Altis/Honda Civic). Di kelas ini kompetisinya sangat kuat di pasar domestik Cina. Karena itu, mobil tersebut cukup menguji kreativitas mereka sebagai sebuah tim, yang memulai desainnya benar-benar dari kertas kosong yang digurat oleh pensil.

Zeekr 007

“Bagaimana menghasilkan mobil yang simple dan elegan. Kami meyakini (filosofi) ‘less is more’. Di segmen premium, Anda tidak perlu tampil meneriakan (kelebihan yang dimiliki). Salah satu inovasi yang kami hadirkan adalah di bagian muka. Seperti diketahui, di bagian depan mobil terdapat sepasang lampu dan grill. Tapi di EV, grill tidak diperlukan. Kami hadirkan bagian muka dengan elemen grafis.”

Baca juga :  Paus Fransiskus Lebih Suka Mobil Yang Tidak Mencolok

Yang bisa terlihat adalah, permainan grafis di bagian muka 007 yang bisa disesuaikan dengan keinginan penggunanya.

Itu salah satu kelebihan yang dikedepankan oleh Zeekr. Kami cukup teryakinkan, sebagai merek premium, Zeekr punya modal kuat untuk menegaskan statusnya.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x