Toyota Astra Motor Perkuat Ekosistem Gazoo Racing Indonesia

28 July 2024 | 1:27 pm | Indra Alfarisy

Gazoo Racing, atau GR ternyata bukan sekedar berbentuk produk mobil kencang atau aksesoris yang mendongkrak penampilan kendaraan Toyota. Hal ini ditegaskan kembali oleh Toyota Astra Motor (TAM) di acara GIIAS 2024, ICE BSD.

Selain 13 model GR yang sudah dipasarkan, TAM memperkuat ekosistem GR di Indonesia. Berdasarkan tiga pilar GR, yaitu:h Motorsport, Community dan Product.

Cemerlang di Balapan

TGRI GR Supra

Motorsport sudah pasti adalah intinya keberadaan Gazoo Racing. Nama ini mendunia berkat prestasinya di kancah balapan global, termasuk di Indonesia. Tim Gazoo Racing Indonesia (TGRI) aktif berkompetisi di tingkat regional, melalui beberapa kecabangan yaitu GT World Challenge Asia dan Asia Cross Country Rally.

Bahkan prestasi gemilang ditoreh oleh TGRI di ajang GT World Challenge Asia Japan Cup 2024 di Jepang. Mereka berhasil meraih lima podium dengan mengandalkan GR Supra GT4 Evo.

Dikutip dari rilis resminya, di tingkat nasional, partisipasi TGRI yang mengandalkan varian GR Sport dan GR Pure berhasil meraih beberapa gelar juara nasional. Prestasi tersebut diraih pada ajang touring ISSOM, rally, sprint rally dan slalom sejak mulai berkompetisi di tahun 2021. Ditambah beberapa podium juara di awal musim ini.

Komunitas

GR Garage

Rasanya hampir semua produk Toyota, punya komunitas yang menyatukan para penggunanya. Akhir tahun lalu, TAM meresmikan berdirinya komunitas GR Enthusiast. Komunitas ini akan menjadi perpanjangan tangan, dalam menyebarkan Joy of GR kepada masyarakat luas.

Baca juga :  Ketahui Waktu Tepat Ganti Ban Mobil

Mengakomodir kehadiran komunitas dan loyalist GR ini, telah disiapkan GR Garage sebagai one stop community hub, di kawasan Pantai Indah Kapuk 2. Ditambah lagi dengan kehadiran 28 GR Point di dealer Toyota yang tersebar di seluruh Indonesia.

Masih berkaitan dengan komunitas, Toyota memberikan kesempatan kepada pecinta e-Motorsport untuk mengikuti kompetisi TOYOTA GAZOO Racing GT Cup.

Yang mau ikut, registrasi peserta pada 10-24 Juli 2024. Kemudian sesi Qualifying Time Trial (QTT) dilaksanakan pada 28 Juli 2024. Informasi lebih lengkap dapat diakses via microsite gazooracinggtcup.id.

Produk

Toyota Fortuner GR Sport

Sejak merek GR masuk ke Indonesia pada 2021 lalu, kami perhatikan produknya semakin bertambah. Baik dalam bentuk model GR Pure, GR Sport, atau GR Parts.

Mobilnya mulai dari entry level sampai yang premium ditambah mobil-mobil elektrifikasi. Total, seperti disebutkan tadi, ada 13 model mobil Toyota berlabel GR. Dan penerimaannya sangat baik.

Tercatat rasio penjualan varian GR Sport dan yang diimbuhi GR Parts 80 persen lebih tinggi dibanding yang model non-GR.

Bintangnya GR

Flyer GR Yaris

Bicara soal produk, GIIAS 2024 yang berlangsung 18-28 Juli ini menjadi ajang bagi Toyota Astra Motor dan Gazoo Racing Indonesia untuk memperkenalkan produk baru. Salah satunya adalah GR Yaris yang diberikan perubahan cukup signifikan.

Sedikit melihat ke belakang, GR Yaris pertama kali dijual di Indonesia pada 2021 lalu. Saat itu, hot hatch ini dipasarkan terbatas. Hanya 127 unit dan sukses jadi rebutan penggemar otomotif tanah air.

Baca juga :  Toyota Fortuner GR-Sport Sepertinya Patut Dipilih

Kini, pada GR Yaris 2024, dengan menggunakan pengalaman di WRC kelas Rally 1 Hybrid, GR memperkuat chassis dan body Yaris melalui spot welding (las titik) yang 13 persen lebih banyak. Ditambah body adhesive yang bertambah hingga 24 persen, serta 3-point suspension mounting. Efeknya, handling stability dan kenyamanan meningkat.

GR yaris 2024

Perubahan struktural didukung oleh penyempurnaan sistem penggerak. Untuk pertama kalinya ada transmisi otomatis 8-speed Gazoo Racing Direct Shift.

GR Yaris ‘automatic’ tersebut mendampingi varian bertransmisi 6-speed manual. Jadi sekarang, konsumen diberikan pilihan lebih beragam.

Di balik kap mesinnya, penggerak tiga silinder terkuat di dunia tetap dipakai. Kapasitas silinder tetap 1,6 liter. Bedanya, GR memberikan revisi di beberapa bagian mesin sehingga tenaganya melonjak dari 257,3 hp menjadi 300,7 hp. Demikian juga dengan torsi yang naik dari 360 Nm menjadi 400 Nm.

Ikut menyesuaikan juga, pilihan mode berkendara. Kini pengemudi GR Yaris bisa memilih satu dari tiga mode yaitu Sport, Normal serta Eco.

Untuk versi terbaru, GR Yaris dipasarkan lebih masal. Tampilannya bisa dilihat di booth Toyota selama perhelatan GIIAS 2024 ini. Kalau berminat, sebaiknya segera order.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x