BYD Han PHEV Dan EV Alami Facelift Tahap Dua

25 September 2024 | 9:30 pm | Rizky Dermawan

BYD yang baru saja meluncurkan versi facelift sedan Han untuk pasar domestik China. BYD Han yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2020 mengalami penyegaran perdana pada tahun 2022. Tahun 2024 ini BYD Han PHEV dan EV kembali mengalami upgrade.

Dapat dikatakan BYD punya program upgrade dan facelift paling cepat setiap dua tahunan. Apa saja yang dibenahi oleh BYD kali ini?

Upgrade Kemasan

Upgrade tampilan eksterior adalah langkah pertama yang dilakukan pada setiap model facelift. Sebelumnya tampilan sedan BYD Han EV dan PHEV dibedakan. Namun kini gaya tampilan BYD Han DM-i (PHEV) dibuat identik dengan versi EV. Hal ini nampaknya untuk memudahkan pembuatan komponen bodyparts serta menekan biaya produksi.

Tak sekadar mengalami ubahan tampilan. Ada dua opsi warna baru yang ditawarkan pada BYD Han DM-i, yaitu Fashion Gray dan paket Black Sports.

Area interior pun turut dibenahi. Yang paling terlihat adalah panel dashboard. Layar head unitnya ganti baru dengan digital touschcreen 15.6-inci. Resolusi tampilannya lebih tinggi dari versi sebelumnya.

Material Interior Berkelas

Pasalnya, tak hanya fitur infotaintment saja tapi sebagian besar kendali fitur berkendara dioperasikan via layar head unit. Layout menu tampilan pada layar juga mengalami pembenahan.

Kemasan tampilan interior pun kini semakin mewah dengan balutan Nappa leather. Aksen garnish aluminium dan panel kayu pada panel interiornya pun asli, bukan imitasi dari bahan plastik.

Baca juga :  Zeekr Resmi Pasarkan SUV 7X, Seperti Ini Spesifikasinya

Jok depan berlapis kulit dilengkapi fitur penghangat dan pemijat dengan 10 titik pemijatan. Tak ubahnya seperti kursi massage di spa eksklusif.

BYD Han sedan kini dilengkapi sistem audio premium lansiran Dynaudio sebagai pemanja telinga. Alunan suara musik dipancarkan via 12-speaker dengan total output daya 735 Watt.

Upgrade Fitur

Paket fitur berkendara pada sedan BYD Han turut mengalami upgrade. Yang paling terlihat adalah antena sensor radar LiDAR yang terpasang di atap.

Sensor radar LiDAR adalah salah satu bagian dari fitur keselamatan berkendara ADAS pada sistem terbaru BYD DiPilot 300.

Terdapat 31 sensor pendeteksi yang digunakan pada sejumlah fitur ADAS – termasuk LiDAR. BYD Han juga dibekali dengan chip Orin-X lansiran Nvidia untuk fitur Artificial Intelligence (AI).

Sektor kenyamanan berkendara pun turut mengalami peningkatan. Setup suspensi kini diperbaharui dengan sistem suspensi model five-link pada bagian belakang. Kinerja suspensi juga ditunjang dengan sistem peredaman variabel.

Optimalisasi Performa

Sektor performa pada BYD Han PHEV dan EV tak luput dari optimalisasi dan upgrade. Pada versi PHEV kini dibekali sistem penggerak hybrid DM-i generasi kelima yang memadukan mesin bensin 1.5-liter turbo dengan motor elektrik hybrid tunggal.

Output totalnya 310 kW atau sekira 410 hp. Catatan waktu akselerasi 0-100 km/jam pun lumayan gesit yakni sekitar 6,9 detik.

Baca juga :  Gelaran IMX 2024 Diyakini Bakal 'Pecah'!

Jarak jelajah maksimum dalam mode EV mengandalkan daya baterai bisa mencapai 125 km. Cukup untuk bisa mencapai SPBU atau SPKLU terdekat. Sedangkan pada mode hybrid jarak jelajah maksimumnya diklaim bisa mencapai 1.350 km, dalam kondisi daya baterai dan tangki BBM penuh

BYD Han versi EV juga mengalami upgrade. Baterai Blade 400V kini diganti jenis baru yang bervoltase 800V. Dengan baterai bervoltase tinggi, waktu pengisian ulang daya listrik menggunakan fast charger DC menjadi jauh lebih cepat. Cukup melakukan charging selama 10 menit, jarak jelajah pun bertambah hingga sejauh 160 km.

Kapasitas daya baterai BYD Han EV pun kini beragam. Berdasarkan siklus uji CLTC, jarak tempuh maksimumnya bervariasi mulai dari 506 km, 605 km hingga 701 km.

Sudah Bisa Dipesan

Motor elektrik tunggal penggerak roda depan pada BYD Han EV tersedia dalam tiga versi, yaitu 150 kW (201 hp), 168 kW (225 hp), dan 180 kW (241 hp).

Uniknya, catatan akselerasi 0-100 km/jam pada seluruh varian BYD Han EV sama yakni 7,9 detik meskipun output motor elektrik dan baterainya berbeda.

Tak perlu menunggu lama, para konsumen di China sudah bisa memesan sedan BYD Han model tahun 2025. Pengiriman unit pesanan konsumen paling cepat dimulai pada awal tahun depan.

Versi PHEV label harganya mulai dari 165.800 hingga 225.800 Yuan atau setara Rp 356,3 jutaan hingga Rp 485,2 jutaan. Lebih murah 4.000 Yuan atau sekira Rp 8,6 jutaan dibanding versi sebelumnya.

Baca juga :  Mansory Rilis Vespa Elettrica Monaco Edition

Sedangkan untuk BYD Han EV dibanderol mulai dari 179.800 hingga 235.800 Yuan atau setara Rp 386,4 jutaan hingga Rp 506,7 jutaan. Belum termasuk pajak dan insentif pembelian mobil listrik.

5 2 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x