BAIC, Satu Lagi Pabrikan RRC Yang Akan Hadir di Indonesia

20 March 2024 | 10:55 am | Indra Alfarisy

Kami mencium BAIC akan masuk ke Indonesia sejak akhir tahun lalu. Sekarang, dipastikan perusahaan bernama PT JIO Distribusi Indonesia (JDI) yang akan membawa merek ini ke tanah air. Lalu, siapa itu BAIC?

Untuk memulai BAIC atau Beijing Automotive Group Co., Ltd adalah perusahaan yang salah satu pemegang sahamnya pemerintah Beijing. Di dalamnya ada beragam anak usaha, termasuk BAIC Motors yang memegang merek Beijing. Lalu ada BAIC Group Off-road Vehicle Co., Ltd yang memproduksi dan memasarkan mobil off road, yang mereknya Beijing juga. Heran. Gambar offroader-nya ada di bawah. 

Beijing B40 Plus

BAIC BluePark New Energy Technology Co., Ltd adalah perusahaan yang menjalankan program mobil dengan energi alternatif. salah satu merek yang ada di bawah naungannya adalah Arcfox. Salah satu produk yang menarik untuk pasar kita adalah MPV Arcfox Kaola (bukan Koala). Dan juga merek Beijing yang berpenggerak listrik, seperti sedan EU5.

BAIC Arcfox

Terakhir, mungkin ini lebih dikenal di Indonesia, BAIC Foton Motor Co., Ltd. Inilah yang merek truk Cina Foton yang sudah lama wara-wiri di jalanan tanah air.

Kolaborasi Merek Luar

Hyundai Custo

Selain punya brand sendiri, BAIC juga menjalin kerjasama dengan pabrikan global. Salah satunya adalah Hyundai yang membentuk konsorsium Beijing Hyundai Motor Co., Ltd. Mereka memproduksi mobil-mobil Hyundai yang khusus dibuat untuk pasar RRC. Contohnya Hyundai Custo. MPV mirip dengan Kia Carnival tapi desainnya sangat Hyundai.

Baca juga :  Honda Racing Gallery, Museum Pembuktian Prestasi Balap Honda

Kerjasama juga dijalin dengan Mercedes-Benz untuk hal serupa. Nama perusahaannya Beijing Benz Automotive Co., Ltd. Ini kerjasamanya bisa ditarik jauh ke belakang dan sempat membuat Jeep. Tentunya ini berkat saham Chrysler yang sempat masuk di Daimler Group, meski hanya sebentar.

Saat ini Beijing Benz tidak lagi bikin Jeep. Tapi merakit model-model Mercedes-Benz untuk pasar setempat. Biasanya, Mersi di negara ini sedikit beda. Terutama dalam hal dimensi panjang.

Kapan akan resmi masuk? Belum bisa dipastikan. Kami akan gali lagi lebih dalam. Tunggu update selanjutnya. 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x